SELAMAT DATANG
Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate


Selasa, 19 Oktober 2010

Khasiat Bunga Matahari



Sinar matahari sangat bermanfaat dan penting bagi kehidupan semua makhluk hidup, baik tanaman, hewan, maupun manusia. Penggambaran matahari biasanya berbentuk bulat berwarna kuning dengan jilatan api kuning disekitarnya.

Gambaran bentuk matahari itulah yang membuat tanaman berbunga ukuran besar dengan warna kuning sering dinamakan bunga matahari. Dinamai seperti itu juga karena ada alasan lainnya. Bunga matahari selalu menghadap ke mana arah matahari itu bergulir. Pada malam hari, bunga itu tertunduk ke bawah, sedangkan pada siang hari, bunga itu menampakkan mukanya.
Konon, bunga matahari (Helianthus annus L) berasal dari Amerika Utara. Pada tahun 1919, di tanam di Jawa. Tanaman ini subur di daerah pegunungan, daerah yang memiliki kelembaban cukup dan banyak mendapatkan sinar matahari langsung. Pohonnya tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Banyak orang yang menganggap tanaman herba anual berumur pendek ini sebagai tanaman hias saja. Soalnya, bentuk dan warna bunganya sangat menarik hati dan indah dipandang mata.

Tumbuhan berbatang basah (herbaceus) ini tumbuh tegak setinggi 1 sampai 3 meter. Seluruh permukaan tumbuhan berkulit batang kasar dan memiliki bulu. Daun hijaunya berbentuk jantung. Untuk bunganya, ukurannya besar berbentuk cawan dengan mahkota seperti pita kuning di sepanjang tepi cawan. Di tengah cawan itu terdapat bunga-bunga kecil berbentuk tabung dengan warna coklat.

Bila dibuahi, bunga-bunga kecil ini menjadi biji-bijinya yang berwarna hitam bergaris-garis putih itu berkumpul di dalam cawan. Bila sudah matang, biji-biji ini mudah dilepaskan dari cawannya. Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan bijinya untuk minyak bunga matahari atau sekedar untuk makanan ringan berupa kwaci biji bunga matahari.

Banyak orang tak menyadari bahwa bunga matahari punya banyak khasiat di balik keindahannya. Bunganya mengandung quercimeritrin, helianthoside A-B-C, asam oleanolat, dan asam echinocystat. Untuk bijinya, terdapat kandungan beta sitosterol, prostagladin E, asam chlorogenic, asam quinat, phytin, dan 3-4 benzopyrine.

Dalam setiap seratus gram minyak biji bunga matahari, terdapat lemak dengan total seratus, yang terdiri dari lemak jenuh 9,8 dan lemak tak jenuh (oleat) sebanyak 11,7. Selebihnya terdapat linoleat sebanyak 72,9 dan sisanya tak mengandung kolesterol.

Semua bagian dari tumbuhan ini memiliki khasiat. Bunganya punya efek menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit (analgesik). Bijinya sebagai antidisentri dan merangsang pengeluaran cairan tubuh dan campak. Daunnya berkhasiat antiradang, analgesik, dan antimalaria. Akarnya pun punya khasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk, dan analgesik. Sedangkan, sumsum batang dan daar bunganya berkhasiat merangsang energi vital, analgesik, menenangkan liver, dan masih banyak lagi.

Penggunaan seluruh bagian tanaman ini bisa dalam bentuk segar dan kering. Pemakaian luar, tumbuhannya dihaluskan dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Contohnya untuk rematik, bisul, dan radang payudara.

Penggunaan untuk dalam, tumbuhannya direbus dan diminum. Ada pula yang disangrai seperti bijinya, lalu ditumbuk halus, diseduh air panas dan diminum. Pengobatan lewat cara ini adalah untuk keluhan sakit kepala, pusing, sakit gigi, radang payudara, batuk, batuk rejan, sesak napas, tekanan darah tinggi, mencegah kanker lambung, kembung, maag, susah buang air besar, disentri, infeksi saluran kemih, beri-beri, malaria, keputihan, pendarahan, dan hernia.

Penggunaan sumsum dari batang dan dasar bunga itu berisi kandungan hemicellulose yang menghambat sarcoma 180 dan Ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak sumsum ini dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat digunakan untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna. Hanya saja, bagi ibu yang tengah hamil, dilarang minum rebusan bunga matahari.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

14 Tanggapan:

  1. It s a very useful page. Thank you. ed16af1fe44127621f2f43f0778fcfa3
    gulyali
    mahmudiye
    lice
    belen
    caykara
    tutak
    catalpinar
    kozluk
    ermenek

    BalasHapus
  2. It s a very useful page. Thank you. 31b1e0798308a8a6094b879c0d9b8fb4
    gemlik
    gole
    han
    devrek
    camlihemsin
    arnavutkoy
    havran
    izmit
    derecik

    BalasHapus
  3. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. c758a4de18badbd2dac944901fc72feb
    sms onay
    website kurma
    numara onay

    BalasHapus
  4. Thank you for your explanation, very good content. 6959c2ef281fa0c39e7e2704d17cd39d
    altın dedektörü

    BalasHapus
  5. Thanks for your article. 8a2064b7611f1f0078c8d23c4927bb24
    evde iş imkanı

    BalasHapus

Item Reviewed: Khasiat Bunga Matahari Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi