Cari Blog Ini

Memuat...

Formulir Order via Email

Nama

Email *

Pesan *

Daftar ISI Label

Home » » Obat Susah Buang Air Besar

Obat Susah Buang Air Besar

Written By M Imron Pribadi on Kamis, 21 Oktober 2010 | 22.04


October 25, 2008 by tukangobatbersahaja
waktunya bagi-bagi ilmu lagi…..
Teman dan saudara saya sering mengalami gejala konstipasi atau susah buang air besar. katanya perutnya sebah, mules-mules, pengen pup ga keluar-keluar. Mau beli obat tapi ga tahu apa obatnya.
Dalam buku IMMS, edisi 108 ada beberapa obat yang dapat menjadi pilihan. Nama bahan aktif/ API ( Active Pharmaceutical ingredient ) adalah Bisacodyl dan lactulose. Obat ini bisa di beli di apotek terdekat.
Nama dagang atau Branded name®® untuk Bisacodyl adalah Bicolax®, Dulcolax®, Laxacod®, Laxamex®, Stolax®, dll. Sedangkan nama dagang untuk Lactulose adalah Dulcolacto®l, Constipen®, Dulphala®c, Lactulax®, Solac®, dll. (saya ga bermaksud dagang atau iklan obat tapi hanya ingin menambahkan informasi).
Jika tidak ingin menggunakan bahan aktif dapat menggunakan bahan lain. Ada obat yang kandungannya berisi Psyllium hydrophillic mucilloid, branded name nya Mulax®.  Mulax® bersifat seperti mucilago yang berfungsi sebagai pengembang.
Ada juga Laxadine® yang kandungan di dalamnya berisi phenolphthalein, liquid parafin, glycerin. Gunanya sebagai pelincir sehingga defekasi tidak menjadi sakit.
Selain bentuk sediaan tablet dan  sirup, ada juga yang cara penggunaannya pake rectal applicator. Nama produknya Microlac®  yang kandungan didalamnya berisi natrium lauryl sulfoacetate, natrium citrate, sorbitol, PEG, sorbic acid. Kalo obat ini tidak di minum tapi di masukkan lewat dubur/ rectal.
Dari semua obat yang di sebutkan diatas, alangkah lebih baik jika kita bisa mencegah terjadinya susah buang air besar, seperti makan makanan kaya serat, cukupi buah dan sayur mayor dan minum air bening yang banyak..

Share this post :

Poskan Komentar

Entri Populer